Selasa, 18 Juni 2013

INSOMNIA

MENGATASI TIDUR MALAM TANPA INSOMNIA


Tidak sedikit orang yang memiliki penyakit susah tidur atau insomnia. Insomnia dipicu oleh banyak hal, mulai dari stres, perilaku atau pola hidup yang tidak sehat, serta mekanisme dan pengaturan waktu tidur yang tidak teratur.

Kebanyakan penderita insomnia memperburuk keadaannya dengan mengkhawatirkan berapa lama mereka akan bertahan bangun, atau melakukan hal-hal di siang hari, yang akan membuat semakin stres.



Namun, insomnia sebenarnya penyakit yang mudah diatasi. Bagaimana caranya?
1. Atur waktu tidur yang tepat
Penyebab utama insomnia adalah pengaturan waktu tidur. Sering begadang lewat larut malam dan tidur siang dengan jam berlebihan akan mengacaukan waktu tidur Anda. Sebaiknya Anda tidak tidur siang atau tidur siang tidak lebih dari setengah jam.

Kebanyakan orang tidur siang karena kelelahan di malam harinya. Lalu usahakan jangan sering begadang lewat tengah malam. Selain menyebabkan insomnia, hal ini juga dapat memicu penyakit badan. 

Agar tidur Anda berkualitas dan nyenyak, saat malam hari matikan lampu kamar. Tubuh Anda akan lebih nyaman tidur di tempat yang sejuk.

Jika Anda tidak cukup menyukai kegelapan, pasanglah lampu tidur atau lampu meja supaya menjaga ruangan agar tetap temaram.

Suasana ini dapat membantu Anda untuk cepat mengantuk. Selain itu, usahakan semua pekerjaan dan masalah Anda selesai sebelum tidur, jangan biasakan menunda-nunda. Hal ini juga dapat menghindari Anda susah tidur karena cemas memikirkan pekerjaan Anda.

Janganlah Anda mencoba untuk tidur, tidurlah saat Anda merasa ngantuk, dan berdoalah sebelum tidur. Jika Anda adalah seseorang yang terbiasa tepat waktu dan selalu merasa dikejar-kejar, sembunyikanlah jam Anda.

Atau coba ganti jam dinding dengan jam meja, agar Anda tidak melulu memerhatikan jam. Jika perlu, dengarkan musik-musik klasik atau lagu dengan lantunan pelan supaya membantu Anda menjadi lebih rileks sebelum tidur.

2. Konsumsi makanan dan minuman yang tepat
Tentu saja, yang berhubungan dengan masalah tidur adalah tentang pengkonsumsian kafein. Kafein sudah lama dikenal sebagai sahabat begadang, karena khasiatnya manjur untuk menangkal ngantuk.

Jika Anda ingin sembuh dari insomnia, hindarilah makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi, coklat, dan juga alkohol.

Sebagai gantinya coba minumlah susu hangat.
Jika Anda pernah mengkonsumsi obat tidur, segera hindari juga obat-obatan bebas yang tanpa resep dokter. Meskipun membantu, tetapi obat tidur ini tidak baik untuk kesehatan.

0 komentar:

BANNER