Sabtu, 29 Juni 2013

FILM SUPERHERO 2013

MENANTI FILM SUPERHERO 2013


LOS ANGELES, Baru-baru ini majalah Forbes merilis daftar 10 besar sekuel film Superhero Terbaik Sepanjang Masa versi mereka, atau Top 10 Best Superhero Movie Sequels Of All Time. Parameter kuratorial 10 besar film itu, yang lima diantaranya dirilis tahun ini, sebenarnya sangat sederhana. Bahkan hampir kesemua sekuel film superhero itu, dibuat dengan bujet yang sangat besar, dan mendapatkan pemasukan yang sangat besar pula, serta menduduki posisi puncak tangga box office. Bahkan merchandising sejumlah film itu, juga mendapatkan pemasukan yang tidak kecil.

Dalam catatan Forbes, dalam lima tahun ini, paling tidak 10 sekuel film superhero dirilis ke pasar. Dan ke-10 sekuel film Superhero Terbaik Sepanjang Masa itu, dari nomor 10 ke satu adalah, film Blade II,  Iron Man II, X-Men: First Class, Hellboy 2: The Golden Army, Superman II, X2: X-Men United, Spider-Man II, Iron Man 3, The Dark Knight dan pemuncaknya adalah The Dark Knight Rises.


Kebanyakan dari sejumlah Superhero itu, memberikan penjelasan yang sangat difinitif tentang makna superhero yang sebenarnya. Dengan membungkus karakter kehidupan superheronya dengan sangat membumi, layaknya manusia dalam kehidupan nyata, sebelum akhirnya, membiarkannya menjalani kehidupan anyar sebagai manusia baru. Sehingga malah menciptakan legenda baru, seperti sosok Batman, yang sangat membumi, karena mempunyai persoalan layaknya manusia kebanyakan.

Intinya, superhero yang baik dan sewajarnya adalah superhero yang telah kehilangan figur heroiknya di mata orang-orang terdekatnya, tercintanya, dirinya sendiri, bahkan penontonnya. Karena dia telah menjelma manusia kebanyakan, tapi telah dan mampu melakukan hal-hal yang sangat luar biasa, melebih kemanusiaanya, dengan cara yang sangat manusiawi. Nah, menyadari rumusan dasar itulah, sepanjang tahun 2013 ini, sejumlah film superhero juga akan dirilis, demikian halnya di tahuan 2014, mendatanga.

Setelah rumusan, membumikan superhero itu sukses diterapkan pada sosok Batman: The Dark Knight Rises, di bawah ramuan Christopher Jonathan selaku sutradara. Dan dia terapkan juga selaku produser di film Superman: Man of Steel, yang mulai rilis pada 14 Juni lalu, tercatat, sejumlah film serupa, diprediksi akan mengambil rumusan dasar itu. Atau paling tidak, berusaha membututi ramuan racikannya.

Setelah Man of Steel, yang sempat menjadi pemuncak box office, Minggu lalu. Tercatat film Kick-Ass 2: Balls to the Wall akan mulai rilis pada 28 Juni nanti. Film bahkan lebih manusiawi, karena anggita Kick-Ass adalah sekelompok anak-anak SMA yang mengenakan pakaian superhero karya mereka sendiri, untuk melawan sejumlah aksi kejahatan. Pesan mora yang ingin disampaikan film ini, semua orang bisa menjadi pahlawan, bahkan dengan cara yang paling sederhana, dengan tidak melakukan kejahatan kepada diri sendiri, apalagi kepada orang lain.

Setelah itu, masih ada film R.I.P.D. yang akan dilis pada 19 Juli, nanti. Film yang diangkat dari kisah komik karya Peter M. Lenkov ini, dibintangi oleh Ryan Reynolds. R.I.P.D.  adalah kepanjangan dari Rest in Peace Department, yang terdiri dari mantan anggota Polisi yang berusaha memburu para bandit, yang telah membunuh mereka, ketika masih menjadi anggota aktif Polisi, semasa mereka masih bernyawa.
Lalu ada film yang konon paling ditunggu-tunggu, yaitu The Wolverine, yang akan rilis pada 26 Juli mendatang. Film ini berangkat dari komik seri The Wolverine, yang bernarasi tentang sosok Logan, seorang serdadu abadi, yang terdampar di Jepang. Pada seri ini, Logan harus beradu laga dengan sejumlah pejuang samurai, yang muncul dari masa lalunya. Sehingga menimbulkan pertarungan saga. Yang akan mengubahnya, selama-lamamnya.

Selanjutnya, ada film 300: Rise of an Empire yang akan rilis pada 2 Agustus. Film ini berniat mengikuti kisah sukses film besutan Zack Snyder berjudul "300" (yang diangkat dari kisah komik karya Frank Miller, 1998). Dalam seri terkininya, kisah berpusat pada Jenderal Yunani Kuno bernama  Themistocles, yang menjadi pimpinan tentara Athena melawan tentara Persia, yang menyerbu kedaulatan wilayah mereka. Pertempuran antara dua pasukan yang sama-sama buasnya itu, berlangsung secara marathon di sebuah wilayah, yang dikenal dengan istilah Battle of Thermopylae.

Di belakangnya menyusul film RED 2, yang akan rilis pada 2 Agustus. Film "RED 2" masih menghadirkan sejumlah purnawirawan atau pensiunan CIA, yang masih mempunyai kemampuan komando, meski telah usang, untuk melawan sejumlah musuh mereka di berbagai tempat di Eropa. Film ini diantaranya dilakoni oleh Bruce Willis dan Helen Miren.

Robocop Reboot tidak mau ketinggalan akan hadir pada 9 Agustus. Film ini masih menjual sosok cyborg atau manusia setengah robot yang sangat kuat, namun dihantui pikiran-pikiran masa lalunya, ketika dia tengah membasmi sejumlah kasus kejahatan di sebuah kota yang sesak dengan klan penjahat. 

Kemudian, secara berurut, masih ada film superhero lainnya seperti 2 Guns (16 Agustus),  Sin City: A Dame to Kill For (4 Oktober), Thor: The Dark World (8 November), dan 47 Ronin (25 Desember ). Pada tahun 2014, mulai bulan Maret, film superhero lainnya seperti Noah, lalu Capt America: The Winter Soldier, The Amazing Spider-Man 2, Ninja Turtles, Transformers 4, X-Men: Days of Future Past, dan Guardians of the Galaxy juga akan mengunjungi penontonnya. Sumber : suaramerdeka.com

0 komentar:

BANNER